Senin, 27 Februari 2012

Bagaimana Cara membuat Coklat?

Dalam produksi cokelat, biji kakao, yang merupakan produk dari pohon kakao, sangat dibutuhkan untuk proses produksi. Namun, asal-usul pohon kakao masih dalam ketidakjelasan. Beberapa orang mengatakan itu berasal dari Brasil, sekitar cekungan Amazon. Ada yang mengatakan Lembah Orinoco Venezuela kemungkinan akan menjadi tempat pertama dalam menemukan pohon. Sementara beberapa orang lain percaya bahwa itu adalah Amerika Tengah, di mana pohon itu ditemukan untuk pertama kalinya.

Sebuah pohon kakao adalah tanaman tropis yang mampu berkembang hanya di iklim panas dan hujan. Oleh karena itu, tanaman dan budidaya dapat tumbuh di daerah tropis seperti Afrika Selatan, Afrika dan beberapa wilayah di Asia. Diperkirakan dua pertiga kakao di dunia diproduksi di Afrika Barat dengan hampir setengah dari hasil total yang berasal dari Pantai Gading.

Proses produksi coklat dimulai ketika bibit kakao ditanam. Pohon kakao adalah tanaman yang sangat lembut dan sensitif, perlindungan dari angin dan cukup banyak warna sangat diperlukan dalam berhasil menumbuhkan pohon. Kedua persyaratan penanaman penting terutama dalam pertama dua sampai empat tahun pertumbuhan.Sebuah bibit kakao yang baru ditanam harus ditangani dengan benar. Setelah lima tahun, pohon kakao akan mulai berbuah, dan jika pohon tersebut telah ditangani dengan sangat hati-hati, beberapa strain dapat diinduksi untuk menghasilkan tanaman yang baik di tahun ketiga dan keempat.

Setelah Biji kakao telah dibudidayakan dan bergeser ke pabrik coklat, coklat keputusan akhirnya akan dimulai. Meskipun ada pola pengolahan umum yang berlaku di mana-mana tetapi produsen coklat yang paling memiliki metode produksi mereka sendiri yang membuat coklat mereka khas dari produsen coklat lainnya. Metode pengolahan cokelat secara singkat dapat dijelaskan sebagai berikut.


  1. Langkah pertama dari manufaktur membersihkan biji kakao. Langkah ini dilakukan dengan melewatkan biji kakao melalui mesin pembersih.
  2. Ketika biji kakao dibersihkan, kacang ini akan secara hati-hati dan dicampur sesuai dengan spesifikasi tertentu perusahaan.
  3. Biji kakao yang dipilih akan dipanggang dalam silinder putar besar dari 30 menit sampai dua jam pada suhu 250 derajat Fahrenheit dan lebih tinggi. Pada langkah ini, biji kakao akan berubah warna menjadi warna coklat kaya dan aroma coklat menjadi jelas.
  4. Setelah dipanggang, biji kopi tersebut didinginkan dengan cepat, dan mesin penampi raksasa yang disebut, "Cracker dan petani", akan memisahkan pecahan menjadi butiran besar dan kecil sementara fans menerbangkan mereka biji cokelat ke ember terpisah atau tempat sampah
  5. Butiran cokelat akan diteruskan ke pabrik. Dalam proses ini, biji cokelat akan dicairkan untuk "minuman keras coklat" dengan panas gesekan cukup. Pada langkah ini, masing-masing produsen coklat akan menambah bumbu mereka sendiri, untuk membuat resep masing-masing cokelat.
  6. Setelah "coklat minuman keras" telah dibumbui dan pasteurisasi, maka akan dituangkan ke dalam cetakan dan dibiarkan mengeras atau berubah menjadi jenis lain merchandise cokelat, sampai tujuan komersial tertentu.

Berikut adalah video dari Discovery Channel tentang bagaimana cokelat dibuat:

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung, Berkomentarlah dengan Tanggung Jawab.
Admin