Sabtu, 12 November 2011

Kelebihan distro Linux

10 Kelebihan linux ubuntu

  1. Tidak ada Virus – salah satu alasan kuat menggunakan Linux adalah, bebas virus, karena Linux tidak mengenali Win32 executable sehingga kemungkinan terserangnya virus sangatlah kecil.
  2. Open Source – Tidak seperti Windows, distribusi Linux bersifat open source dan source code dapat diedit dan dimodifikasi untuk yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.
  3. Kami dapat belajar hal baru – Windows hanya mengajarkan kita cara menginstal dan menjalankan program, sementara di Linux membantu Anda melakukannya menggunakan Terminal. Jadi jika berada dalam situasi di mana kita tidak memiliki akses ke tampilan GUI, kita masih dapat mengoperasikannya dengan baik.
  4. Free Software -Setiap aplikasi dan software di Linux itu gratis dan open source. Sehingga kita tidak perlu khawatir lagi tentang lisensi.
  5. Mudah Digunakan – Hal ini mungkin tampak ironis, tetapi benar untuk banyak tingkat. Linux Ubuntu adalah salah satu distro Linux yang paling user-friendly dan mudah digunakan bahkan mengalahkan Windows XP dan Vista dalam hal kemudahan penggunaanya
  6. Bantuan Komunitas Ubuntu – Ubuntu mempunyai komunitas yang sangat aktif mendukung dan membantukita mendapatkan jawaban atas pertanyaan dan masalah dalam hitungan menit
  7. Desktop efek yang keren – Jika sebagian dari kita mengira bahwa tampilan desktop di Vista dan Windows 7 itu keren, mungkin kita belum mengenal Compiz di Ubuntu yang memberikan efek 3D desktop yang lebih baik dengan penggunaan sumber daya sangat sedikit.
  8. Kemudahan Upgrade – Kita dapat mengupgrade Linux Ubuntu melalui package manager dan semua aplikasi dapat diinstall/update melalui fitur Synaptic Alication Manager. Sehingga lebih mudah untuk menemukan aplikasi yang kita butuhkan.
  9. Dapat disesuaikan – Kita tidk harus mengubah registri untuk mengubah Linux sesuai kebutuhan kita
  10. Pegalaman Live CD – Sebagian besar sistem operasi Linux dan begitu juga  Ubuntu hadir dengan fitur Live CD, dimana fitur ini memungkinkan kita untuk menjalankan OS tanpa menginstalnya. Kami bahkan memasangnya pada USB Flashdisk sehingga kami bisa menjalankan Ubntu di komputer mana saja, tanpa khawatir data kami terpasang pada komputer yang digunakan, dan sistem komputer yang bersangkutan juga tidak akan terganggu.
Kekurangan linux ubuntu

Distro Ubuntu, tentu anda sudah pernah mengenalnya. Distro ini menawarkan kemudahan dihadapan penggunanya. Walaupun begitu, ternyata masih ada satu fitur yang masih belum ada di Ubuntu. Yaitu Control Center terintregasi.
Walaupun konfigurasi di Ubuntu sangat dipermudah, namun konfigurasi tersebut kebanyakan bersifat konfigurasi desktop / personal. Sementara, konfigurasi yang bersifat administrasi sistem atau hardware masih kurang. Walaupun ada beberapa, masih sangat sederhana dan tidak bisa melakukan konfigurasi secara menyeluruh. Contohnya, konfigurasi X Server, Sound Card, Font Sistem, LDAP Client. Ubuntu juga bisa dikatakan tidak familiar terhadap pengguna server, karena administrasi server yang secara default hanya bisa menggunakan konfigurasi file teks. Sangat disayangkan sekali, apalagi sistem operasi server masa kini menawarkan fitur kemudahan konfigurasi.
Kelebihan linux mint

Kelebihan-kelebihan yang ditemukan setelah memasang Linux Mint 5 pada komputer yang saya miliki
- Proses instalasi dari LiveCD hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit (sebagai perbandingan, Ubuntu Feisty sekitar 60 menit, dan Win XP2 sekitar 40 menit)
- Sudah mahir memutar file musik seperti mp3, atau file video seperti VCD maupun DVD
- Membaca file-file dokumen, office, atau pdf
- Dapat mengedit gambar atau foto
- Dapat membakar keping CD atau DVD
- Membaca partisi-partisi Win OS atau Linux yang lain
- Grub (semacam boot loader)-nya pun ramah, boot Win OS atau distro lain yang telah dahulu terinstal akan otomatis dimunculkan saat komputer menyala

Kelebihan Linux Mint
  • Sangat user friendly
  • Memiliki pilihan yang mudah untuk memblokir situs yang tidak diinginkan dari yang pernah dilihat oleh mata kecil.
  • 100% bebas
  • Instalasi software mudah (dengan apt-get)
  • Situs web bagus
  • Dukungan komunitas luas
  • Sangat teruji
  • Manajer perangkat lunak terstruktur dengan baik.
  •  Semua Firefox plugin terpasang.
 Kekurangan Linux Mint
  • · Pemilihan perangkat lunak agak minim dibandingkan dengan manajer perangkat lunak Ubuntu.
  • ·Installer membingungkan
  • ·Rilis stabilnya out-of-date

* Kelebihan Redhat :
1. Instalasinya mudah . Karena merupakan revolusioner Linux.
2. Standar baku file binner pada Linux

1. Dapat mengubah alamat IP menjadi domain pada web.
2. Domain juga digunakan sebagai virtual host dalam dunia maya.
3. Domain Lebih mudah di ingat dibandingkan dengan no IP Address.
Kelemahan Redhat :
1. Dukungan multimedia buruk
2. Transisi RedHat ke Fedora mengkhawatirkan.
3. Namanya kurang familiar

1. Membutuhkan waktu untuk mengkonfigurasinya.
2. Jika kita koneksi terputus domain tidak dapat di akses lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung, Berkomentarlah dengan Tanggung Jawab.
Admin